Gizi pada Anak dan Remaja Vegetarian

By February 25, 2020

Vegetarian adalah orang yang tidak mengonsumsi daging (termasuk unggas), seafood dan produk olahannya. Alasan seseorang menjadi vegetarian adalah pertimbangan kesehatan, kepedulian terhadap lingkungan, dan peri kehewanan. Selain itu, pertimbangan etik, ekonomi, isu kelaparan dunia, dan kepercayaan/agama juga menjadi alasan seseorang memutuskan untuk menjadi vegetarian. Pada dasarnya, ada beberapa macam pola makan vegetarian yang memiliki pantangan yang berbeda, seperti lacto-ovo-vegetarian hingga vegan vegetarian.

 

Berdasarkan penelitian, seseorang dengan pola makan vegetarian memiliki nilai Body Mass Index (BMI), tekanan darah, kadar kolesterol dan lemak darah yang lebih rendah dibandingkan orang normal. Hal tersebut berdampak positif dengan menurunnya risiko penyakit hipertensi, diabetes mellitus type 2 dan kematian akibat penyakit jantung coroner pada vegetarian. Di lain pihak, vegetarian memiliki resiko mengalami defisiensi zat gizi tertentu sebagai akibat dari asupan makanan yang tidak seimbang. Berdasarkan penelitian, anak dengan pola makan vegan cenderung lebih kurus dan kecil jika dibandingkan dengan anak dengan pola makan lacto-ovo-vegetarian yang memiliki berat dan tinggi bandan yang sama dengan anak normal.

Beberapa zat gizi yang perlu diperhatikan pada anak dan remaja vegetarian adalah

1. Vitamin B12
Defisiensi vitamin B12 mengakibatkan anemia megaloblastic dan gangguan system syaraf. Adanya defisiensi dapat diketahui dengan cara pengukuran peningkatan konsentrasi homosistein dan metilmalonic acid pada urin dan plasma darah. Vitamin B12 dapat diperoleh dari susu dan produk olahannya, telur, daging, ikan, makanan terfortifikasi vitamin B12, fermented soy products (contoh: tempe), dan suplement

2. Protein
Kebutuhan protein dapat dicukupi dari sumber protein nabati dengan cara food combining. Hal ini dikarenakan semakin bervariasinya makanan, maka semakin banyak pula asam amino esensial yang tercukupi.

3. Kalsium dan Vitamin D
Seseorang dengan pola makan vegan meningkatkan resiko patah tulang 30% lebih tinggi dibandingan dengan orang dengan pola makan lacto-ovo-vegetarian yang memiliki resiko sama dengan orang normal. Sumber kalsium dengan kadar oksalat rendah adalah brokoli, Chinese cabbage, kale, dan collards. Makanan dan minuman dengan fortifikasi kalsium juga dapat menjadi pilihan lainnya. Vitamin D dapat diperoleh dari cahaya matahari, makanan atau mintuman terfortifikasi, dan suplementasi.

4. Lemak dan Asam Lemak
Vegetarian cenderung memiliki kadar EPA dan DHA lebih rendah dibandingkan non-vegetarian. Hal ini dikarenakn konsumsi asam lemak omega 6 lebih tinggi dibanding asam lemak omega 3. Microalga dapat memenuhi kebutuhan DHA. Selain itu,susu kedelai dan snack bar dengan fortifikasi DHA juga dapat mencukupi kebutuhan DHA. Asam alfa linoleate dapat diperoleh dari flaxseed, walnuts, canola oil, dan kedelai.

5. Iron dan Zinc
Kadar ferritin pada vegetarian sama dengan orang normal. Meskipun zat besi pada sumber nabati merupakan non-heme iron, namun adanya enhancers dan Teknik pengolahan dapat meningkatkan absorpsi zat besi. Vitamin C dan asam organic lain dapat meningkatkan absorpsi zat besi dan mengurangi efek phytate. Teknik pengolahan, seperti perendaman dan perkecambahan dapat menghilangkan phytate dan meningkatkan absorpsi zat besi. Sumber zinc pada produk nabati adalah kedelai dan olahannya, kacang-kacangan, biji-bijian, serealia, dan keju. Sama seperti zat besi, untuk mengurangi efek phytate dan meningkatkan bioavaibilitas zinc, dapat dilakukan proses perendaman dan perkecambahan.

6. Iodium
Defisiensi iodium pada vegan dapat berkaitan dengan tidak mengonsumsi garam teriodisasi / tanaman laut. Hal ini dikarenakan sumber nabati umumnya memiliki kandungan iodium yang rendah dan adanya zat goitrogens.

Pada bayi, selama ASI eksklusif, kandungan gizi ASI ibu vegetarian sama dengan kandungan gizi ibu non-vegetarian. Namun, untuk vitamin B12, bayi perlu memperoleh suplementasi jika asupan vitamin B12 ibu tidak tercukupi. Pada bayi non-ASI, susu formula perlu diberikan. Pemberian MPASI pada bayi vegetarian dapat disesuaikan dengan pola makan keluarga, seperti mengganti daging dengan mash / puree tofu, kacang-kacangan, yogurt, kuning telur, atau keju. Ketika anak disapih, makanan kaya energi dan lemak perlu diberikan, seperti alpukat, tofu, dan selai kacang-kacangan. Selain itu, pemberian suplemen zat besi perlu dipertimbangkan pada bayi berusia 6 bulan ke atas.


Pada umumnya, pertumbuhan anak-anak vegetarian tidak jauh berbeda dengan anak normal, kecuali pada anak-anak yang tumbuh pada lingkungan keluarga yang sangat membatasi konsumsi makanan vegetarian. Kebutuhan energi dan zat gizi lainnya dapat dipenuhi dengan konsumsi makanan kaya lemak tidak jenuh dan terfortifikasi. Asupan kalsium dan vitamin B12 tetap perlu dipertimbangkan pada anak-anak vegetarian.

Pada umumnya, konsumsi remaja vegetarian lebih tinggi serat, zat besi, vitamin A, vitamin B9, dan vitamin C. Di lain pihak, zat gizi yang diperlukan pada remaja adalah kalsium, zat besi, zinc, vitamin D, dan vitamin B12. Hal itu menyebabkan asupan makanan pada remaja perlu diperhatikan. Meskipun pada remaja perempuan pola makan vegetarian tidak mengganggu proses menarche, namun untuk menghindari adanya gangguan makan, maka perlu dipertimbangkan lagi alasan remaja memutuskan untuk menjadi vegetarian, mengevaluasi berat badan, body image, dan kurva pertumbuhan.

Sumber:
Myriam Van Wickel, et al. 2011. Clinical Practice : Vegetarian Infant and Child Nutrition. Eun J Pediatr (2011) 170 : 1489 – 1494
American Dietetic Association. 2009. Position of the American Dietetic Association Vegetarian Diets. Journal of the American Dietetic Association : 1266 - 1282

You Might Also Like

1 komentar

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    At least 160000 women and men are losing weight with a easy and SECRET "water hack" to drop 2 lbs each and every night in their sleep.

    It is painless and works with anybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Get a clear glass and fill it half the way

    2) Now use this proven hack

    and be 2 lbs thinner the very next day!

    ReplyDelete

Fitria Nurrahmawati. Powered by Blogger.