Ayoo lakukan Inisiasi Menyusu Dini

By November 19, 2015

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan bayi dengan standard emas. ASI terbukti mempunyai keunggulan yang tidak dapat digantikan oleh makanan dan minuman apapun, karena ASI mengandung zat gizi paling tepat, lengkap, dan selalu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi setiap saat. Standar emas makanan bayi dimulai dengan tindakan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), dilanjutkan dengan pemberian ASI secara eksklusif selama 6 (enam) bulan. Menurut WHO (2009), prinsip pemberian makanan bayi dan anak yang baik adalah melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan, memberikan makanan pedamping ASI (MPASI) yang tepat dimulai sejak bayi berusia 6 bulan dan meneruskan pemberian ASI sampai 2 tahun. 


Upaya meningkatkan pemberian ASI sedini mungkin di Indonesia hingga saat ini masih banyak menemui kendala. Permasalahan yang utama adalah faktor kurangnya pengetahuan, sosial budaya, kesadaran akan pentingnya ASI untuk kesehatan anak, pelayanan kesehatan dan petugas kesehatan yang belum sepenuhnya mendukung program peningkatan penggunaan ASI, gencarnya promosi susu formula, dan ibu yang bekerja.

Inisiasi Menyusu Dini atau IMD merupakan salah satu penentu kesuksesan pemberian ASI eksklusif 6 bulan. Berbagai studi menunjukkan hubungan yang positif antara IMD dengan kelangsungan pemberian ASI eksklusif 6 bulan. Selain itu, IMD merupakan salah satu faktor penting dari pembangunan sumber daya manusia kedepan. Hal ini menunjukan bahwa mortalitas dapat ditekan dengan efektif saat kita memberikan kesempatan pada bayi untuk bersama ibunya, dengan kontak kulit dan membiarkan mereka bersama-sama minimal 1 jam. Manfaat IMD diantaranya adalah mengurangi risiko terjadinya kematian ibu, meningkatkan kemungkinan keberhasilan ASI eksklusif 6 bulan, mencegah kematian neonatal ( kematian bayi berumur kurang dari 1 bulan), dan meningkatkan kedekatan dan rasa kasih saying antara ibu dan bayi.

nah, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Inisiasi Menyusu Dini, kami ada poster yang berfungsi juga sebagai kalender. Check this Out Mommy wanna be :) :) :)




You Might Also Like

1 komentar

Fitria Nurrahmawati. Powered by Blogger.