Apa tipe kepribadianmu ?

By November 22, 2014



Pada dasarnya manusia memiliki empat watak utama. Penemuan ini ditemukan pertama kali oleh Hippocrates pada 400 tahun SM. Sampai sekarang, keempat watak ini tetap menjadi acuan pemahaman karakter manusia. Lalu, penemuan ini dikembangkan oleh para ahli. Salah satunya Florence Littauer. Menurut Buku Personality Plus karangan Florence Littauer ada empat macam sifat atau karakter manusia. Pertama, Koleris (ingin tampil ke depan, bersifat keras layaknya komandan tempur). Kedua, sanguinisis (periang, hampir tak pernah kelihatan susah namun pelupa dan selalu ingin mendapat perhatian orang lain). Ketiga, melankolis (serius, sistematis dan selalu memikirkan sebuah tindakan masak-masak sebelum melakukannya). Keempat, phlegmatis (pasrah, tidak suka bertengkar dan nurut saja mana yang paling mudah). Nah, mungkin dengan mengenal sifat ini maka kita bisa mengenali diri kita sendiri untuk selanjutnya memahami watak orang lain di sekitar kita.

Koleris alias Si Kuat
Sifat menonjol dari orang berkepribadian koleris adalah perhatiannya selalu tertuju pada hasil akhir. Apa pun yang dilakukan, yang penting hasilnya. Orang dengan kepribadian ini biasanya memiliki sifat keras kepala dan sulit diatur. Sebaliknya, ia justru suka mengatur dan menyuruh-nyuruh orang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Oleh karena itu, orang bertipe ini sering mendapat julukan bossy, alias si tukang suruh atau tukang atur.
Namun, orang bertipe ini juga memiliki sifat tangkas, kuat, dan tidak mudah menyerah pada rintangan atau kesulitan. Orang koleris biasanya sangat menyukai tantangan dan petualangan.
Selain itu, kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang percaya diri, dinamis dan aktif, berbakat memimpin, extrovert, optimis, berani mengambil resiko besar sekalipun, hatinya mudah terbakar, selalu unggul dalam keadaan darurat, selalu merasa benar, susah menerima pendapat orang, disiplin, tepat waktu.

Sanguinisis alias Si Populer
Orang sanguinisis adalah orang yang populer dan sering dikerubungi teman-temannya di mana pun berada. Omongannya selalu ditunggu-tunggu. Bahkan, apapun yang diucapkannya, selalu terdengar lucu , segar, dan menyenangkan. Namun, kalau dia sudah berbicara, biasanya akan sulit berhenti dan tidak mau memberi kesempatan kepada orang lain.
Emosi orang sanguinisis biasanya mudah berubah. Sejenak dia sangat happy, namun beberapa menit kemudian di bisa berubah mood menjadi pendiam. Selain itu, orang sanguinisis pun mudah lupa janjinya. Orang sanguinisis juga cenderung tidak rapi.
Orang dengan kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang lincah, extrovert, periang, mudah berganti haluan, bisa meramaikan suasana, suka berbicara, memiliki rasa humor yang tinggi, mudah diubah, berhati tulus, penuh semangat, selalu kekanak-kanakan, memiliki energi serta antusiasme, kreatif dan inovatif, suka kegiatan spontan.

Melankolis alias Si Sempurna
Ciri orang berkepribadian melankolis adalah selalu berpikir dulu sebelum bertindak. Ia selalu membuat rencana dan jadwal kegiatannya secara rapi. Ia juga suka mencatat dan tekun dalam urusan hitung-menghitung.
Karena sifatnya yang suka berpikir itu, orang melankolis cenderung pendiam dan berbicara seperlunya. Ia selalu mempertimbangkan akibat dari apa yang diucapkannya. Nah, karena terlalu lama berpikir, ia pun jadi sering kehilangan kesempatan.
Selain itu, kepribadian ini menggambarkan seseorang yang memiliki karakter seseorang yang penuh pikiran, cenderung pemurung, pendiam, introvert, pesimis, perfeksionis, berorientasi jadwal, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, melihat masalah, mendapat pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulai, Suka diagram, grafik, bagan, daftar.

Phlegmatis alias Si Cintai Damai
Orang phlegmatis adalah orang yang berpembawaan kalem, namun bukan karena sedang berpikir seperti orang melankolis. Ia kalem karena tidak mau mencari masalah, sehingga cendurung penurut. Kalau ada perbedaan pendapat di antara teman, orang phlegmatis akan bersikap netral, tidak memihak. Pokoknya, ia menghindari keributan. Bahkan, ia bersedia mengalah walaupun sebenarnya dirugikan. Tak heran, bila ia di juluki Sang Pecinta Damai.
Orang phlegmatis adalah pendengar yang baik. Jadi, kalau kita punya teman curhat yang selalu siap setiap saat untuk mendengarkan masalh kita, dia adalah orang phlegmatis. Namun, orang phlegmatis cenderung kurang mempunyai motivasi atau dorongan semngat yang kuat untuk melakukan sesuatu. Ia harus dimotivasi dulu oleh orang lain.
Orang phlegmatis menggambarkan seseorang yang memiliki karakter yang rendah hati, mudah bergaul dan santai, diam, tenang, dan mampu, sabar, baik keseimbangannya, hidup konsisten, tenang tetapi cerdas, simpatik dan baik hati menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, serba guna, mudah diajak bergaul, menyenangkan, tidak suka menyinggung, pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian.

Nah, ini cara sederhana memahami keempat watak dasar manusia itu :

KOLERIS
Kalau menyelesaikan suatu pekerjaan maka seorang Koleris akan menyelesaikannya dengan caranya sendiri (My Way). Dia sungguh kreatif, bahkan kalau ada manual sekalipun maka dia tidak suka menuruti manual tersebut. Pokoknya si koleris akan berusaha menyelesaikan pekerjaan itu sampai tuntas. Syaratnya harus dengan cara yang diyakini olehnya benar bukan dengan cara orang lain. Hambatan apapun akan diterjangnya guna mencapai tujuan. Koleris ini juga senang mengatur orang lain akan tetapi dia sendiri tidak suka kalau dipaksa-paksa untuk melakukan sesuatu.

SANGUINISIS
Bagaimana seorang Sanguinis harus menyelesaikan pekerjaannya ? Ini susahnya. Orang Sanguinis ini orangnya gampangan. Cara dia menyelesaikan pekerjaannya adalah dengan cara yang dianggapnya paling menyenangkan (Fun Away). Bagi dia kalau pekerjaan itu menyenangkan baginya maka dia bisa-bisa tidak ingat waktu. Sayangnya, sang Sanguinis ini terkesan bertele-tele karena ingin selalu mencari celah-celah pekerjaan yang bagi dia bisa menimbulkan kegembiraan. Si Sanguinis ini juga suka menunda-nunda pekerjaan bahkan kerap melupakan apa yang sudah dikerjakannya. Dia bekerja tanpa rencana dan cenderung menganggap remeh apapun yang dilakukannya. Sikapnya cenderung seenaknya. Kalau ada keramaian maka orang Sanguinis selalu tampil paling menonjol, entah dari segi pakaiannya, teriakannya yang menarik perhatian orang atau tingkah lakunya yang nyentrik. Si sanguinis ini bisa diibaratkan seorang anak yang terkurung dalam tubuh orang dewasa. Awet muda dan senang bermain-main.

MELANKOLIS
Nah ini dia tipe pekerja teratur. Senangnya rapi dan sistematis. Dalam menyelesaikan pekerjaan maka seorang yang berwatak melankolis akan memilih cara terbaik (best way), bagaimanapun caranya. Kalau ada manualnya maka dia akan mengikuti manual itu 100 % benar. Dia bekerja sangat tekun dan serius, dan selalu menuntut hal yang sama terhadap anak buah atau rekan-rekannya. Kalau ada yang melenceng sedikit dari kemauannya maka dia akan murung dan muram sepanjang hari. Orang Melankolis ini cepat sekali tersentuh perasaannya. Hidupnya teratur dan kalau berpakaian selalu selalu rapi dan charming.

PHLEGMATIS
Nah ini dia manusia yang paling menyenangkan bagi semua orang. Orang phlegmatis ini nyaris tidak pernah marah. Senyumnya tulus. Hanya saja seperti orang yang tidak punya ambisi. Orangnya damai, dan tidak suka bertengkar. Dia juga pemalu dan cenderung tidak ingin menonjol di keramaian. Seorang phlegmatis akan menerima pendapat orang lain apapun itu, meski belum tentu dia mengerjakannya. Kalau melakukan pekerjaan maka orang phlegmatis akan melakukannya dengan cara yang paling mudah (easy way). Kadang-kadang dengan menempuh jalan pintas.

Dalam sumber lain, kepribadian dibagi menjadi sembilan tipe
Tipe 1 perfeksionis
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.
Tipe 2 penolong
Tipe kedua dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.
Tipe 3 pengejar prestasi
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.
Tipe 4 romantis
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.
Tipe 5 pengamat
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.
Tipe 6 pencemas
Orang tipe 6 termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.
Tipe 7 petualang
Tipe 7 termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.
Tipe 8 pejuang
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.
Tipe 9 pendamai
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

Nah sudah tahu kan mana tipe kepribadianmu :)

You Might Also Like

0 komentar

Fitria Nurrahmawati. Powered by Blogger.